Sabtu, 23 Mei 2015

Menulis Sinopsis Drama/Film Korea di Blog



Assalamualaikum Wr., Wb.

Huuwaaa....!

Ternyata buat sinopsis itu syuusahnya bukan main! Luar binasa! Eh, luar biasa! Gilaaa!
Salut deh buat Unnie-unnie yang tetap menulis sinopsis drama Korea!  Aku suka membaca blog-blog mereka dan pengen nulis kayak mereka itu! Tapi Ya Allah, ampun! Susah kali rupanya.

Tulisan ini aku dedikasikan buat para Unnie keren yang punya blog sinopsis dan tetap semangat nulis drama Korea! Update pula tuh, drama terbaru selalu bisa direkap, fresh from the oven! Gila! Salut!
Siapa aja Unnie-unnie keren itu? Ini dia:


Dan tulisan ini juga aku persembahkan buat orang-orang yang ingin membuat blog sinopsis, baik itu drama atau film, tapi tidak tau caranya kayak mana. Kenapa begitu? Karena aku dulu juga begitu! Hehehe.

Pengen punya blog sinopsis, tapi nggak ngerti cara nulisnya. Sebagai “Miss Google”-kata adikku (karena dikit-dikit tanya Mbah Google, akhirnya dia ngasih sebutan itu buat aku! Hehehe). Aku gugling lah, tapi nggak ada satu pun tulisan yang menjelaskan kayak mana nulis sinopsis di blog. Yang ada malah cara membuat sinopsis ala-ala pelajaran bahasa Indonesia. Aissh, akhirnya kutak katik sendiri, plus lihat-lihat  sana-sini, inilah hasilnya.

Cara menulis sinopsis drama atau flim di blog.

  • Yang pertama tentu saja harus ada file drama atau film yang mau direkap/ditulis sinopsisnya.
  • Trus ditontonlah tuh drama/film
  • Lalu capture gambarnya per adegan yang kira-kira diperlukan. Cara meng-capture gambar, gugling aja di internet. Kalau aku pakai Media Player Classic, caranya tekan Alt+I untuk mengambil gambar, lalu pilih tempat penyimpanannya dimana. Mau di drive ‘My Document’ atau di drive ‘D’. Sebaiknya buat folder baru untuk menyimpan hasil gambar yang diambil biar nggak susah nyarinya waktu mau meng-upload di blog.
  • Nah ini yang sulit. Menulis ulang cerita drama/filmnya (biasanya aku nulisnya di Ms. Word dulu, nanti tinggal copy paste di blog). Kadang-kadang ada adegan yang susah dicerna, jadi harus dijelaskan dengan bahasa sendiri. Misalnya kebiasaan/adat/kebudayaan atau idiom/ungkapan yang berasal dari daerah drama/film itu. Kan itu pasti berbeda di setiap daerah apalagi beda negara.
  • Setelah gambar dan tulisannya udah siap, masuk ke dasbor blog kita. Klik ‘New Post’ atau ‘Entri Baru”.  Copy pastelah tulisan kita tadi yang di Ms. Word ke blog kita. Upload juga gambarnya. Beri judul dan label. Lihat dan edit-edit lah kalau ada yang perlu di-edit. Kalau perlu sertakan info-info yang berkaitan dengan drama/film itu.
  • Kalau udah fix rasanya, klik tombol ‘Publish’. Jangan lupa lihat hasilnya di blog kita!
  • Selesai? Belum! Senyum dulu dong! Hehehe. Kalau perlu tepuk tangan dulu, deh! Senangnya berhasil menulis sinopsis!
  • Selesai! Prok prok prok!

Catatan:
Jangan sekali-kali copy paste tulisan orang dan mengatasnamakan diri kita! Itu namanya penjiplakan! Plagiat! Plagiator! Pencuri! Hargailah tulisan orang lain. Kan kita udah tau kayak mana susahnya membuat suatu tulisan.  Kalau suka dengan tulisan orang lain, lebih baik ditulis sumber tulisan aslinya atau dibuat link ke tulisan aslinya. Itu lebih bermartabat! Oce oce? Piiis dulu ah! Hehehe.

Wassalam :)

3 komentar: