Kamis, 11 Januari 2018

Benarkah Siti Nurbaya Dijodohkan?

Assalamualaikum

#tantangan_ngeblog_11Januari2018


Di hari yang ke 11 ini, aku udah mulai benar-benar bingung mau nulis apa 😩😩😩. Enaknya kita bahas apa yaaa?

Oh, ini. Bulan Desember kemarin aku kan baca buku Siti Nurbaya. Jadi, aku mau sharing nih tentang perjodohan ala Siti Nurbaya dan Datuk Maringgih.
Heum, sering kan kita dengar atau lihat film/sinetron yang bertema perjodohan, si pemeran utama sering protes: "Sekarang kan udah jaman modern, masa dijodohkan sih? Aku kan bukan Siti Nurbaya."


Eh, Sahabat. Kalau kalian udah baca buku karangan Marah Roesli itu, pasti kalian akan sepakat sama aku tentang fakta bahwa Siti Nurbaya itu tidaklah dijodohkan. Dijodohkan di sini maksudnya ya seperti di sinetron-sinetron itu (dipertemukan, saling mengenal lalu melangkah ke jenjang berikutnya yang terdiri dari dua pilihan: menikah atau tidak). Tidak, tidak seperti itu.

Kisah Siti Nurbaya sama sekali berbeda dengan hal yang kusebutkan di atas. Tidak ada perkenalan yang malu-malu kucing antara Nurbaya dan Datuk Maringgih, juga tidak ada kisah manis berujung romantis dan cinta-cintaan pada cerita mereka.

Yang ada hanyalah pemaksaan dan penderitaan. Nurbaya terpaksa menikah dengan Datuk Maringgih karena diancam jika ia tidak mau maka ayahnya (Baginda Sulaiman yang seorang pengusaha) akan dipenjara karena tidak bisa membayar hutang pada datuk bejat itu. Kenapa ayah Nurbaya bisa berhutang? Itu juga ulah Datuk Maringgih, karena dia tidak suka ada yang menyaingi pamornya sebagai orang terkaya di Padang. Dengan segala cara--walau haram sekalipun, dia menjatuhkan Baginda Sulaiman, lalu pura-pura menolong dengan memberi pinjaman. Ujung-ujungnya tentu udah bisa ditebak, dia mengincar Siti Nurbaya sebagai penebus hutang. Bahkan Siti Nurbaya juga meninggal karena diracuni Datuk Maringgih yang marah dan dendam karena tidak bisa menguasai Siti Nurbaya. Cih! Kotor sekali otakmu wahai Datuk!

So, kesimpulannya adalah Siti Nurbaya terpaksa menikahi Datuk Maringgih sebagai penebus hutang sang ayah, bukan dimakcomblangi yaa 😅😅😅

Jadi, masihkah Sahabat mengatakan Siti Nurbaya itu dijodohkan?


Wassalamualaikum.
😃😃😃

0 komentar:

Posting Komentar