Selasa, 02 Januari 2018

Tips Menulis yang Gampang

Assalamualaikum warahmatullahi wabaraakatuh

#tantangan_ngeblog_2Januari2018

Sahabat bingung mau menulis apa? Atau udah ada ide yang mau dituangkan jadi tulisan tapi bingung? Komputer atau laptop udah buka program Ms. word. Pulpen dan kertas udah disiapkan. Atau ponsel juga udah menampilkan halaman kosong program Office, tapi kita malah melongo bodoh di hadapan peralatan itu semua.

Bingung euy!

Bagaimana cara menulisnya ya? Apa kata pertama? Bagus nggak hasilnya? EYD-nya udah pas atau masih salah? Orang suka nggak ya dengan tulisan yang kubuat? Dan berbagai macam pertanyaan udah nyerbu pikiran kita duluan. 'Tul nggak? Kalo aku iya, memang begitulah dulu.

Kemudian, kita malah sibuk ke gugel untuk cari berbagai tips menulis. Ya, enggak salah sih. Justru bagus, karena itu berarti kita memang niat untuk bisa menulis yang baik dan benar. Di gugel banyak bertebaran cara-cara menulis yang oke buat kita terapkan. Tapi kadang-kadang aku malah tambah bingung jadinya. Banyak tipsnya, tapi nggak dijelaskan bagaimana penerapannya. Huft!

Ya sudahlah. Aku buat kesimpulan sendiri setelah sekian banyak tips yang kubaca. Cuma satu. Iya, cuma satu! Apa itu?

Ya, menulis aja!

Nggak usah pikirkan soal EYD, susunan kalimat, bagus atau nggak. Yang penting nulis dulu. Selama tulisan kamu tidak bertentangan dengan agama, norma dan hukum, serta tidak menghina atau menyakiti orang lain, lanjut aja coy!

Bingung mau nulis apa? Gampang. Tuliskan aja kebingungan kita. Pokoknya, tuliskan apa aja yang terlintas di pikiran kita. Abaikan segala macam salah ketik atau salah tulis, itu bisa diperbaiki nanti setelah kita selesai menulis.

Nah ini dia contoh yang nggak ada di artikel tips menulis mana pun, cuma ada di blog ini.  Oke, kita langsung praktek coy! Ini contohnya orang yang lagi galau nggak tau mau nulis apaan:


Iiih, gue bingung nih mau nulis apa. Katanya kalo mau nulis, ya nulis aja. Tapi mau nulis apa coba??? Haaah! Pusing lah. Ck! Galau hati adek, Bang! Lah, kok malah jadi teringat si abang sih? Itu juga, si abang dari kemaren kenapa gak ada kabarnya ya? Ditelepon gak diangkat, sms juga gak dibalas. Eh, jangankan balas sms, mulai dari wa, bbm, line, diread aja kagak! Perasaan dua hari yang lalu dia bilang lagi off kerja deh. Ya Allah, kenapa tuh orang ya?  Ya ampun, kok malah nulis si abang sih? Oke, oke. Fokus lagi. Ya elah, kenapa di saat mau fokus, nih perut malah ngajak nyetor ke belakang? Pupup meong lah! Mending nyetor dulu ajalah, dari pada mencret pula di sini. Nanti nulisnya disambung lagi.


Ahahaha, lihat?

Itu aja udah jadi berapa baris. Kayak lagi nulis diary kan? Iya, bayangin aja begitu. Cuma di awalnya jangan tulis: Dear Diary. 😅😂😂

Tulisan di atas tinggal ngasih judul tuh. Buat judul juga susah loh, setidaknya buat aku. Tapi nggak usah pusinglah nentuin judul tulisan galau di atas. Kalo memang bingung judulnya apa, ya buat aja:

NGGAK TAHU APA JUDULNYA!

Ahahaha. Udah?

Yo wis. Sampai di situ dulu. Jangan langsung dipublish, bisa malu kita di dunia persilatan--eh, dunia penulisan. Sebaiknya endapkan dulu, sehari atau beberapa hari. Dijamin, gitu kamu baca tulisan itu, pasti kamu bakal langsung ngakak bacanya.

Entah apa yang aku tulis! Ngawur! 😂😂😂

Walaupun begitu, jangan langsung dihapus. Ini saatnya kita mengedit. Memperbaiki tulisan, baik ketikan, susunan kalimat de el el lah. Termasuk menambah atau mengurangi tulisan supaya lebih enak dibaca. Judulnya juga bisa diganti kok.

Udah?

Kalo udah yakin oke, ya udah, publish! Udah jadi kan satu tulisan. Besok buat tulisan baru, prosesnya diulang lagi. Begitu terus, sampai kita udah terbiasa dengan ritmenya. Lama-lama, begitu ada ide, kamu udah bisa aja langsung bertempur dengan peralatan menulismu untuk menghasilkan tulisan yang oke.

Apa cukup dengan seperti itu aja?

No!

Di saat inilah, waktunya kita menerapkan tips dan teknik menulis yang bertebaran di internet. Mulai dari banyak membaca, mempelajari EYD dan susunan kalimat, cara mengembangkan ide  sampai menentukan karakter tulisan kita. Pokoknya semuanya lah yang berhubungan sama dunia tulis-menulis.

Segini dulu tulisan ini, inshaallah besok disambung lagi.

Ah, mudah-mudahan Sahabat bisa mengambil manfaat dari tulisan yang sama sekali nggak berfaedah ini. 😣😩😩

Sekian.

Wassalamualaikum
😚😚😘

0 komentar:

Posting Komentar